your comments

Senin, 04 Februari 2008

Silo Rano

Silo rano ( lampu Danau ) adalah legenda yang menceritakan tentang penunggu danau poso yang bersosok seperti ular naga.

Banyak spekulasi yang mendeskripsikan wujud ular tersebut. Ada yang mengatakan menyerupai ular sanca raksasa, ada yang mengatakan menyerupai komodo raksasa, ada pula yang mengambarkan sosok mahluk yang menyerupai mahluk dinosaurus purba.

Konon menurut cerita yang beredar oleh penduduk setempat mahluk penunggu danau poso ini bersarang di sekitar Desa Taripa tepatnya bawah dibukit Marari atau oleh penduduk sekitar lebih akrab disebut sebagai Pada Marari. Penduduk berani mendiskripsikan bukit tersebut sebagai sarang mahluk ini dikarenakan puncak gunung tersebut selalu kering dan tidak ditumbuhi oleh pepohonan. Penduduk berasumsi bahwa sumber air dan akar tanaman disitu mati kekeringan disebabkan pasokan mineral dan airnya terputus oleh perilaku mahluk yang berada dibawah bukit tersebut.

Menurut cerita silo rano adalah permata dari ekor si ular raksasa yang bening berukuran besar ( sedikit lebih besar dari lampu nelayan ) dan dapat mengeluarkan cahaya diwaktu malam. Kemudian untuk membedakan silo rano dengan lampu para nelayan setempat, adalah intesitas cahaya yang dibiaskannya. Katanya ^^ cahaya silo rano sangat terang dan bergerak cepat bila disaksikan dengan mata. Oleh penduduk setempat yang kebetulan sedang berada dipantai atau sedang mencari ikan didanau.

Tidak ada komentar: