your comments

Senin, 04 Februari 2008

Kalomba

Kalomba adalah salah satu legenda mahluk kasatmata yang terkenal.karena mahluk ini memiliki kemiripan dengan legenda ditanah jawa yaitu babi ngepet. Menurut cerita sosok kalomba menyerupai kambing jantan besar dengan buluh yang tebal. Akan tetapi ia tidak memiliki kepala. Konon katanya kepala si mahluk berada di bawah perut.

Sosok mahluk ini diceritakan memiliki kemampuan yang multifungsi. Bila legenda jawa menceritakan sosok mahluk yang beragam dengan fungsi berbeda misalnya maka Kalomba tidak demikian, mahluk ini dapat dipelihara oleh manusia dan dijadikan sebagai pesuruh baik untuk pesugihan, menenung orang lain (voodoo ) dan sebagainya. Akan tetapi resiko dari memelihara mahluk ini adalah. Ketrikatan batin si mahluk dan majikannya (patron clien kale ^^ ). Dimana apa bila si mahluk tidak diberi makan oleh si majikan maka. Kalomba akan memakan majikan tersebut. Selain itu Kalomba adalah mahluk yang tidak bisa di usir dan berpindah sebarang majikan. Menurut penulis mungkin disana ada terjadi sebuah kontrak kerja ha ha ha…..

Menurut kepercayaan orang poso mahluk halus ini memiliki makanan kegemaran yaitu parutan kelapa, olehnya para wanita poso jaman dahulu. Sangat tabu membuang sisa parutan kelapa dihalaman menjelang malam karena akan menggundang bencana.


Tidak ada komentar: