your comments

Kamis, 24 Januari 2008

welcome

Puji Syukur yang sedalam-dalamnya dipanjatkan pada Tuhan karena dengan perkenaanya tulisan-tulisan ini dapat dipublikasikan. Blog ini berisi tentang segala sesuatu mengenai kebudayaan masyarakat Poso baik itu kebiasaan adat jaman dahulu, kisah-kisah legenda, mitos-mitos dan nilai nilai kebudayaan lainnya, Khususnya masyarakat clan Pamona yang mendiami daratan di sepanjang lembah Danau poso, meliputi Tentena, Buyumpondoli, Soe, Tonusu, Toinasa, Bancea, Taipa, Pendolo, dan daerah-daerah lainnya yang tidak dapat disebutkan oleh penulis.

Sesungguhnya penulis tidak bermaksud memarginalkan clan lain, yang tergabung dalam komunitas brother hood orang poso. seperti daerah Bada Gintu, Daerah Mori, dan Daerah Kaili. Alasan penulis hanya mengkhususkan membahas tentang kebudayaan clan Pamona. Dikarenakan penulis sendiri berlatar belakang sebagai salah seorang dari suku Pamona dan dibesarkan oleh nilai-nilai kebudayaan orang Pamona sehingga penulis hanya memahami sebagian kecil dari kebudayaan orang Pamona.

Alasan penulis membuat blog ini dikarenakan, selain hobby penulis juga sangat prihatin dengan keberadaan nilai-nilai kebudayaan yang ada Di tanah Poso khususnya di daerah pamona. Sebab lambat-laun identitas kebudayaan pamona itu sendiri kemudian memudar dan ditinggalkan oleh generasi barunya.

Tidak ada komentar: