your comments

Kamis, 24 Januari 2008

Padungku

oleh : Kristianto simuru

Padungku merupakan istilah upacara adat untuk hari ucapan syukur sebuah desa atau wilayah distrik pemerintahan karena penduduk wilayah tersebut berhasil memanen tanaman padi. ucapan syukur ini ditujukan bagi alo ( sejenis dewa sebelum masuknyanya misionaris Kristen protestan kedaratan poso ) dan leluhur atau nenek moyang penduduk setempat yang dipercayai telah membantu masyarakat dengan memberikan kesuburan dan panen padi yang melimpah.

Hasil panen kemudian akan ditampung dilumbung-lumbung padi disetiap rumah penduduk untuk persediaan pangan beberapa bulan kedepan sebelum panen padi dilaksanankan lagi. Selain menyimpan padi di lumbung kebiasaan menaru padi yang masih bertangkai di atas cerobong tungku pemasakan dipercaya dapat membuat leluhur mereka memperoleh makanan yang berlimpah pula, ada pula sebagian dari hasil pertanian diberikan kepada raja atau pemimpin setempat yang bergelar kabose atau tadulako sebagai upeti.

Padungku adalah hari raya dimana sanak keluarga dari berbagai tempat datang bersua untuk merayakan ucapan syukur panen ini. Kadang kala prosesi padungku terjadi bergantian dibeberapa daerah. Sehingga padungkupun menjadi ajang silahturami antar keluarga dan kerabat masyarakat Poso.

Adapun makanan khas yang harus ada setiap padungku ( acara padungku ) adalah I’nuyu atau nasi bamboo ( nasi yang dimasukan di sepotong bamboo kemudian dimasak dengan cara membakar bamboo tersebut diperapian ). I’nuyu kemudian dapat pula dijadikan sebagai oleh-oleh yang akan dibawa oleh sanak keluarga ketika akan meninggalkan keluarga mereka yang menjadi tuan rumah acara padungku.

Sedangkan minuman yang harus ada setiap padungku adalah Baru ( sejenis tuak berwarna putih yang diambil dari getah pohon enau ) meskipun kadar alkoholnya rendah akan tetapi bila diminum dalam jumlah yang banyak dapatpula memabukan seorang pria dewasa.

Saat penutupan hari raya padungku yaitu saat yang sangat dinantikan oleh masyarakat. karena saat itulah seluruh penduduk akan berkumpul dialun-alun atau daerah datar yang lapang untuk menari bersama. Tarian yang mereka lakukan tarian Dero.

Tidak ada komentar: