your comments

Kamis, 24 Januari 2008

Tari Sinci

oleh: Kristianto.simuru

Tari Sinci ( tari cincin ) merupakan tarian yang memiliki kesamaan dengan tarian Dero. Prosesi tarian ini dilakukan dengan cara melingkar namun dalam posisi duduk bersila, akan tatapi tarian ini lebih ditujukan untuk menghibur orang lain.sebab tarian ini hanya akan ditemukan diacara prosesi perkabungan orang meninggal dunia.

Prosesi atau tata cara permainan tari Sinci itu sendiri adalah sebagai berikut peserta tarian membentuk lingkaran, kemudian memegang sejenis tali kail yang disambung ujung-ujungnya menjadi sebuah lingkaran. Tali ini kemudian dibentangkan melingkar sebesar ukuran lingkaran peserta yang duduk bersama. Kemudian dalam tali itu disispkan sebuah cincin yang nantinya akan digerakan oleh penari berlawanan dengan arah jarum jam. Di tengah lingkaran akan berada seorang terhukum bersama beberapa pemain musik yang akan mengiringi lagu nyanyian pantun yang akan dilantunkan saat prosesi Tari sinci ini. Orang yang terhukum tadi akan berusaha menebak dimana letak cicinc itu berada.

Singkat kata tari Sinci merupakan tari yang mirip dengan permainan anak-anak yakni permainan petak umpet. Dengan iringan lagu syair pantun cicin pun berpindah dari tangan penari satu kepenari lainya. sesekali penari yang tidak memegang cicin berpura-pura telah mendapatkan cicin untuk mengecoh penglihatan si terhukum. apabila si terhukum tidak dapat menebak keberadaan cicin maka ia akan mendapat hukuman dari seluruh peserta yang ada. jenis hukuman pun beragam akan tetapi biasanya mereka akan disuruh mendedangkan sebuah syair lagu pantun penghiburan untuk pihak keluarga yang tengah dirundung duka cita. prosesi ini kemudian berulang lagi dengan peserta terhukum yang lain yakni peserta yang terakhir memegang cincin pada permainan sebelumnya.

Namun tari Sinci seperti tarian lainnya tidak luput dari perubahan jaman dan, seiring berlalu, tari Sinci telah banyak ditinggalkan oleh para kaum muda dengan alasan tertentu. disisi lain para penari Sinci yang eksis tidak dapat lagi melakukan tradisi ini dikarenakan factor usia. bahkan salah satu dari teman mereka yang menjadi peserta tarian Sinci pada masa mudanya harus ia tangisi karena telah meninggal dunia karna terkikis usia senja.

Tidak ada komentar: